Bulan: Agustus 2024

RI Bakal Punya Fasilitas Uji Baterai Kendaraan Listrik Terlengkap!


Jakarta

Lembaga Penelitian Baterai Nasional (NBRI) dan PT Carsurin Tbk (Carsurin) mengumumkan peresmian fasilitas pengujian baterai kendaraan listrik (EV) terlengkap di Indonesia. Kolaborasi strategis antara lembaga penelitian dan sektor swasta ini untuk mendukung visi Indonesia menjadi pusat produksi baterai EV global.

Carsurin dan NBRI telah mengumumkan Kerjasama Aliansi Strategis pada Februari 2024. Dalam perjanjian kerja sama ini ditetapkan kerangka operasional fasilitas pengujian baterai EV tercanggih dan terlengkap di Indonesia.

“Pembangunan fasilitas pengujian baterai EV merupakan langkah penting dalam perjalanan kami menuju masa depan Indonesia yang lebih hijau dan berkelanjutan. Fasilitas laboratorium bersama NBRI merupakan representasi dedikasi Carsurin terhadap keunggulan, inovasi dan komitmen terhadap kesejahteraan lingkungan kita, kata Direktur Utama PT Carsurin Tbk Sheila Tiwan dalam keterangannya, Rabu (31/7/2024).

Fasilitas pengujian baterai EV terlengkap ini akan menyediakan layanan pengujian laboratorium komprehensif untuk paket baterai EV dalam berbagai skenario dan kondisi.

Baca juga: VW & Ford Mau Investasi Kendaraan Listrik, Erick Thohir: RI Pemain Nikel Terbesar!

Cakupan ini mencakup uji jatuh, guncangan mekanis, getaran, perlindungan pengisian berlebih, perlindungan pengosongan berlebih, guncangan termal dan siklus termal, perlindungan suhu berlebih, perlindungan hubung singkat eksternal, dan ketahanan terhadap api. Uji coba baterai EV tahap awal akan memprioritaskan moda transportasi kendaraan roda 2 sejalan dengan pasar pembelian EV di Indonesia.

Pendiri NBRI Prof Evvy Kartini mengatakan, kehadiran laboratorium pengujian baterai EV tercanggih dan terlengkap di Indonesia yang merupakan hasil kerjasama NBRI dan Carsurin merupakan bukti visi kami untuk menjadikan Indonesia memiliki teknologi canggih dan berkelanjutan.

“Dengan menggabungkan sumber daya dan keahlian, kami menetapkan standar baru dalam pengujian, penelitian, dan inovasi baterai EV. Kolaborasi strategis ini tidak hanya sekedar layanan laboratorium, tetapi juga melambangkan potensi dan kemajuan Indonesia sehingga dapat mendorong perubahan global dalam industri EV. . Bersama “Kita menuju masa depan di mana energi dan teknologi terbarukan menciptakan dunia yang lebih bersih dan berkelanjutan untuk generasi mendatang,” ujarnya.

(acd/das)

Source link

5 Negara yang Memberikan Utang Terbesar ke Indonesia, China Bukan Nomor 1


Jakarta

Bank Indonesia (BI) mencatat utang luar negeri (ULN) periode Mei 2024 sebesar US$ 407,3 miliar atau setara Rp 6.577,8 triliun (asumsi kurs Rp 16.150) tumbuh 1,8% year on year (yoy), setelah mengalami penurunan. kontraksi pertumbuhan sebesar 1,5% yoy pada April 2024.

Asisten Gubernur/Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan, perkembangan tersebut berasal dari ULN sektor publik, baik pemerintah dan bank sentral, serta swasta.

Ia mengungkapkan, posisi ULN pemerintah pada Mei 2024 tercatat sebesar US$ 191 miliar atau setara Rp3.084 triliun yang mencatat kontraksi pertumbuhan tahunan sebesar 0,8% (yoy), setelah terkontraksi 2,6% (yoy) pada April 2024.

Berdasarkan Statistik Utang Luar Negeri Indonesia (SULNI) periode Juli 2024 disebutkan bahwa perkembangan ULN terutama dipengaruhi oleh peningkatan aliran masuk modal asing pada Surat Berharga Negara (SBN) internasional dan domestik, serta sentimen positif investor. kepercayaan terhadap prospek perekonomian Indonesia.

“Pemerintah berkomitmen menjaga kredibilitas dengan memenuhi kewajiban membayar pokok dan bunga utang tepat waktu, serta mengelola utang luar negeri secara prudent, terukur, oportunistik, dan fleksibel untuk memperoleh pembiayaan yang paling efisien dan optimal,” tulis laporan tersebut. .

Jika kita melihat negara pemberi pinjaman alias kreditur, per Mei 2024 tercatat Singapura menjadi pemberi pinjaman terbesar di antara negara lain dengan besaran mencapai US$ 54,851 miliar, bahkan lebih besar dari utang China ke Indonesia.

Jumlah utang Indonesia ke Singapura tercatat meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang berkisar US$ 54,050 miliar. Baru setelah itu Indonesia punya utang terbesar ke negara lain seperti Amerika Serikat (AS), China, Jepang, dan Hong Kong.

Baca juga: Jelang Satu Tahun Beroperasi, Kereta Cepat Bawa Kebahagiaan Masyarakat Indonesia

5 Negara yang Memberikan Utang Terbanyak ke Indonesia

1. Singapura

US$ 54,851 miliar atau Rp. 885,84 triliun

2. Amerika Serikat

US$ 27,069 miliar atau Rp. 437,16 triliun

3. Cina

US$ 22,860 miliar atau Rp. 369,18 triliun

4. Jepang

US$ 21,829 miliar atau Rp. 352,53 triliun

5. Hongkong

US$ 19,383 miliar atau Rp. 313,03 triliun

Saksikan juga video ‘Di B20, Luhut Sindir WNI yang Bilang Utang Negara Tinggi’:

(Gambas: video 20 detik)

(fdl/fdl)

Source link

RI Bakal Punya Sistem Perpajakan Baru, Sri Mulyani Laporkan ke Jokowi


Jakarta

Indonesia akan menerapkan sistem perpajakan baru, khususnya Core Tax Administration System (CTAS). Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sistem ini rencananya akan dirilis pada Desember 2024.

Hari ini Sri Mulyani dan jajarannya menjelaskan sistem perpajakan baru berbasis IT tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

“Hari ini kami melaporkan kepada Presiden mengenai perkembangan dan rencana soft launching Core Tax System yang diharapkan selesai pada tahun ini sekitar bulan Desember,” jelas Sri Mulyani saat memberikan keterangan pers, Rabu (31/7/2024 ).

Baca juga: Apakah Negara-Negara G20 Berani Memungut Pajak pada Orang Super Kaya?

Sistem Inti Perpajakan, kata Sri Mulyani, akan meningkatkan otomasi dan digitalisasi seluruh layanan administrasi perpajakan. Menurutnya, sistem ini akan memudahkan masyarakat, misalnya pengisian SPT akan semakin mudah karena semua data terkoneksi secara otomatis dan digital.

“Wajib Pajak bisa melakukan swalayan dan pengisian SPT secara otomatis. Transparansi rekening wajib pajak akan meningkat,” kata Sri Mulyani.

Selain itu, wajib pajak juga lebih mudah melihat seluruh informasi kewajiban perpajakannya. Wajib Pajak dapat melihat seluruh informasi perpajakan 360 derajat dengan pelayanan yang cepat, akurat, dan real time.

Meningkatkan Pengawasan Pajak
Pemerintah juga akan sangat mudah memantau penegakan hukum secara lebih akurat dan adil dengan sistem perpajakan baru ini. Menurutnya, Direktorat Jenderal Pajak akan memiliki data yang lebih kredibel dalam melakukan pengawasan.

Pada akhirnya, kepatuhan pajak masyarakat bisa ditingkatkan karena semua data bisa ditelusuri dengan mudah. Potensi penghindaran pajak diyakini bisa dikurangi. R

DJP juga akan memiliki data yang lebih kredibel, jaringannya akan terintegrasi dan mampu mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan dan data. Hal ini akan menyebabkan kepatuhan dan kepatuhan wajib pajak jauh lebih baik, kata Sri Mulyani.

Lebih lanjut, pemerintah juga dinilai mampu meningkatkan tax rasio Indonesia. Selama ini, sebagai negara besar, tax rasio Indonesia cenderung rendah, rasio penerimaan pajak terhadap PDB hanya 10,21% pada tahun 2023, dan dalam 10 tahun terakhir hanya berkisar pada angka 10%.

Sistem ini akan dengan mudah meningkatkan tax rasio penerimaan pajak negara, jelas Sri Mulyani.

Baca juga: Direktur Utama Pertamina: Pak Erick selalu hands-on

Terakhir, ia mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai macam uji coba dengan 21 modul proses bisnis yang mengubah cakupan layanan, pengumpulan, dan analisis data pengawasan. Pihaknya juga diawasi langsung oleh aparat penegak hukum untuk memastikan tata kelola pembentukan sistem Inti Pajak berjalan dengan baik.

“Kami juga terus menerus dan telah diawasi oleh aparat penegak hukum mulai dari pengusulan, pengadaan, hingga konstruksi dalam hal ini mulai dari Kejaksaan Agung, KPK, dan berbagai instansi seperti Bappenas, LKPP dan BPKP, sehingga tata kelola Perkembangan Inti Pajak dapat dipertahankan dengan baik,” pungkas Sri Mulyani.

(hal/rd)

Source link

Indeks Keyakinan Industri RI Melambat, Sektor Tekstil Masih Tertekan!


Jakarta

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) merilis Indeks Keyakinan Industri (IKI) Juli 2024. Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif mengatakan IKI pada Juli masih ekspansif namun melambat 0,10 poin dibandingkan Juni 2024 menjadi tingkat 52,40.

“IKI Juli 2024 mencapai 52,40 melambat 0,10 poin dibandingkan Juni 2024 sebesar 52,50. Selanjutnya nilai tersebut melambat 0,91 poin dibandingkan nilai IKI Juli tahun lalu sebesar 53,31,” kata Febri dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Dari 23 subsektor industri pengolahan yang dianalisis, terdapat 3 subsektor yang mengalami kontraksi. Industri yang menerima kontrak adalah industri tekstil, industri kertas dan barang dari kertas, serta industri mesin, dan barang perlengkapan yang tidak termasuk pada industri lainnya.

Febri menduga kebijakan relaksasi impor yang dikeluarkan pemerintah dan pelepasan 26 ribu kontainer di pelabuhan berdampak pada pelemahan IKI. Salah satu yang paling terkena dampaknya adalah industri tekstil.

Baca juga: RI Bakal Punya Fasilitas Uji Baterai Kendaraan Listrik Terlengkap!

“Setelah Menteri Perekonomian dan Menteri Keuangan melepas kontainer tersebut, nilai IKI sedikit mengalami penurunan, khususnya pada industri TPT,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil (IKFT) Kementerian Perindustrian Kris Sasono Ngudi Wibowo mengatakan, kontraksi sektor tekstil ini terjadi dua kali berturut-turut. Penurunan bulan ini cukup dalam, dari 49 menjadi 47 poin.

“Bulan ini kontraksinya agak lebih dalam dibandingkan bulan sebelumnya. Dilihat dari komponen-komponen yang menyusun IKI, komponen yang paling terlihat adalah komponen pesanan baru,” ujarnya.

Sedangkan jika dilihat dari variabel pembentuk IKI pada bulan Juli, terjadi perlambatan nilai IKI variabel pesanan baru sebesar 1,82 poin menjadi 52,92. Sedangkan nilai IKI variabel persediaan produk mengalami peningkatan sebesar 0,48 poin menjadi 55,53. Variabel produksi juga mengalami kenaikan sebesar 2,45 poin, namun masih mengalami kontraksi tipis sebesar 49,44.

Secara umum kegiatan usaha industri pengolahan pada Juli 2024 mengalami peningkatan sebesar 1,2%. Persentase responden yang menjawab kondisi usahanya membaik dan stabil meningkat dari 75,4% menjadi 76,6%. Namun kondisi kegiatan usaha tersebut lebih rendah dibandingkan kondisi Juni tahun lalu yang mencapai 77,4%.

Kemudian persentase pelaku usaha yang menyatakan kondisi usahanya membaik mengalami penurunan sebesar 0,7% menjadi 30,7% dibandingkan Juni 2024 sebesar 31,4%, lebih besar dibandingkan yang menyatakan menurun sebesar 23,3%, jelas Febri.

Pada bulan Juli 2024, optimisme pelaku usaha terhadap kondisi usahanya dalam 6 bulan ke depan mengalami penurunan dibandingkan bulan Juni 2024 yaitu sebesar 71,9%. Tren peningkatan optimisme industri sejak akhir tahun 2023 terhenti pada Mei 2024.

Selanjutnya, sebanyak 22,1% pelaku usaha menyatakan kondisi usahanya stabil hingga 6 bulan ke depan. Angka tersebut meningkat 1,1 poin dibandingkan angka bulan sebelumnya. Persentase pandangan pesimistis pelaku usaha terhadap kondisi usaha 6 bulan ke depan sebesar 6,0%.

(tanah liat/tanah liat)

Source link

Kementerian ESDM Ungkap 2 Sumber Potensi ‘Ladang Angin’, Ini Lokasinya


Jakarta

Kementerian ESDM mengungkap dua kawasan potensial yang bisa menjadi lokasi pembangkit listrik tenaga angin (PLTB) atau ‘kebun angin’. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P Hutajulu saat berbicara mengenai Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL).

Jisman mengatakan, RUPTL baru sedang disusun dan ditargetkan selesai pada Oktober 2024.

“Sebelum Oktober ya, sebelum Oktober. Jadi Pak Menteri juga sudah mengingatkan saya sebelum Oktober, semoga iya. Tapi ya, nanti kita akan lakukan lagi secara intensif dengan teman-teman PLN seperti itu. Kita harap bisa mendorong itu. ya,” kata Jiman di ruang kerjanya, Rabu (31/7/2024).

Ia mengatakan, penyusunan RUPTL menghadapi tantangan karena perhitungannya harus benar. Sebab pasokan listrik tidak untuk jangka pendek.

“Listrik itu investasinya tinggi, tentu harus ada pinjaman, apalagi izin seperti itu, FS sudah tidak salah lagi, lalu sistem apa lagi yang mau kita dorong, apa? , yang satu lagi mau. Ayo dorong ya,” ujarnya.

Baca juga: Pemerintah Tetap Tahan Tarif Listrik, Selanjutnya Tunggu Keputusan Jokowi

Ia kemudian mengatakan bahwa generator angin atau angin memiliki faktor kapasitas atau kapasitas produksi yang lebih baik dibandingkan generator tenaga surya atau solar. Ia mengatakan, sifat terputus-putus atau tidak tersedianya listrik pada pembangkit listrik tenaga angin lebih ringan dibandingkan solar.

Jisman kemudian menyinggung keberadaan wilayah yang berpotensi menjadi lokasi PLTB, yakni pesisir utara Jawa dan Sulawesi.

Lalu ada potensi, penemuan baru-baru ini di utara Pulau Jawa pada ketinggian 150 meter sangat besar. Di pantai utara Pulau Jawa. Dan di kaki Sulawesi sangat besar, ujarnya.

Ya, matahari hanya bertahan 4-5 jam. Ini kadang di musim hujan, kan di musim kemarau,” ujarnya.

(acd/das)

Source link

Sri Mulyani Klaim Sistem Baru Ini Bisa Dongkrak Rasio Pajak


Jakarta

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan rasio pajak di Indonesia bisa terdongkrak dengan adanya sistem perpajakan baru, khususnya Core Tax Administration System (CTAS). Sistem perpajakan berbasis digital ini dinilai mampu meningkatkan tax rasio menjadi 1,5%.

Direktorat Jenderal Pajak akan memiliki data yang lebih kredibel dalam melakukan pengawasan pajak dengan sistem ini. Pada akhirnya, kepatuhan wajib pajak masyarakat dapat ditingkatkan karena semua data dapat ditelusuri dengan mudah. Potensi penghindaran pajak diyakini bisa dikurangi.

DJP juga akan memiliki data yang lebih kredibel, jaringannya akan terintegrasi dan mampu mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan dan data. Hal ini akan menyebabkan kepatuhan dan ketaatan wajib pajak jauh lebih baik, kata Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan. , Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2024).

Baca juga: RI Bakal Punya Sistem Perpajakan Baru, Sri Mulyani Laporkan ke Jokowi

Pada akhirnya, pemerintah juga dinilai bisa meningkatkan tax rasio Indonesia. Selama ini sebagai negara besar, tax rasio Indonesia cenderung rendah, rasio penerimaan pajak terhadap PDB hanya berkisar 10% selama 10 tahun terakhir. Kini, dengan perbaikan sistem yang menerapkan CTAS, diharapkan tax rasio bisa meningkat sebesar 1,5%.

“Sistem ini akan dengan mudah meningkatkan tax rasio penerimaan pajak negara. Kita coba perbaiki administrasi ini dan sistem juga bisa meningkatkan tax rasio menjadi 1,5% PDB dari perbaikan sistem,” jelas Sri Mulyani.

Namun, perbaikan peraturan dan kebijakan juga dapat berkontribusi besar terhadap peningkatan rasio pajak Indonesia. Menurutnya, banyak regulasi yang tentunya berpotensi meningkatkan perpajakan di Indonesia.

Sri Mulyani mengatakan jika perbaikan regulasi dilakukan, di sisi lain sistem Inti Pajak juga berjalan dengan baik, diperkirakan rasio pajak di Indonesia bisa meningkat hingga 5%.

“Sistem TI bisa berkontribusi hingga 1,5% PDB dan dari perbaikan kebijakan dan regulasi bisa memberikan hingga 3,5% PDB. Jadi potensinya bisa sekitar 5% PDB,” kata Sri Mulyani.

Sistem Inti Pajak sendiri baru saja dijelaskan Sri Mulyani di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lantas, apakah Jokowi sudah memasang target sistem perpajakan baru untuk meningkatkan tax rasio?

Sri Mulyani mengatakan tidak ada target dari Jokowi. Namun orang nomor satu di Indonesia itu menegaskan, Indonesia perlu meningkatkan tax rasio karena nilainya jauh lebih rendah dibandingkan negara lain.

“Kalau tidak (menetapkan target), dibilang Indonesia harus naik tax rasio. Karena dibandingkan negara lain, negara maju, negara ASEAN, kita perlu naikkan,” kata Sri Mulyani.

(hal/rd)

Source link

Bos PT Timah Temui Wakil Menteri Investasi, Bahas Pengembangan Mineral


Jakarta

Direktur Utama PT Timah, Ahmad Dani Virsal bertemu Wakil Menteri Investasi/BKPM Yuliot Tanjung di kantornya di Jakarta, Rabu (31/7). Ada beberapa hal yang disampaikan kepada Wakil Menteri Investasi/BKPM baru.

Dani awalnya menjelaskan kondisi ekosistem bisnis timah nasional saat ini. Pasalnya Indonesia merupakan salah satu produsen timah terbesar di dunia.

Dani menjelaskan upaya perbaikan ekosistem timah nasional agar dapat terus berkelanjutan guna meningkatkan peran industri timah nasional dalam mendukung perekonomian daerah dan nasional. Timah merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai industri di Indonesia.

Baca juga: Ekspor Nikel-Timah Melalui Pelabuhan Indonesia Akan Lebih Erat Terhubung ke Simbara

Selain timah, jelas Dani, masih ada beberapa mineral lain yang bisa dioptimalkan dan dikembangkan karena mempunyai nilai ekonomi tinggi. Beberapa di antaranya adalah tanah jarang, zirkon, ilminit, silika dan lain-lain.

Untuk mineral sekunder tersebut, PT Timah masih melakukan upaya, salah satunya melakukan kajian dengan BRIN untuk pengembangannya. Namun ada beberapa yang bisa dioptimalkan seperti zirkon dan silika, kata Dani dalam keterangan tertulisnya.

Setelah berbagai hal tersebut, pembahasan beralih ke pembahasan potensi hilirisasi timah yang dilakukan PT Timah. Sejak tahun 1995, PT Timah melakukan operasi hilir melalui anak perusahaannya yaitu PT Timah Industri.

PT Timah Industri kini tengah mengembangkan hilirisasi produksi Tin Powder yang mulai berproduksi pada tahun ini. Dani mengatakan, hal ini merupakan upaya PT Timah untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

“PT Timah sudah lama melakukan hilirisasi timah, namun dalam pengembangannya perusahaan membutuhkannya mendukung hasil yang optimal dari berbagai pihak, misalnya memperkuat permintaan pasar dalam negeri,” jelas Dani.

Baca juga: Simbara Nikel dan Timah Diluncurkan, Negara Dapat Raup Royalti Rp 10 Triliun!

Sebagai mineral yang tidak terbarukan, pengelolaan industri timah dari hulu hingga hilir juga harus dilakukan dengan baik untuk menjaga keberlanjutan. Proses penambangan harus dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip good mining practice (cara penambangan yang baik) sehingga dapat meminimalkan dampak penambangan timah.

“Sebagai perusahaan negara, PT Timah tidak hanya meraup untung berorientasi, “namun juga mempunyai misi untuk mendorong pertumbuhan perekonomian daerah dan nasional, memberdayakan masyarakat serta memberikan kontribusi yang optimal bagi bangsa dan negara,” imbuhnya.

Dani berharap berbagai upaya yang dilakukan dapat didukung oleh Kementerian Investasi/BKPM. Pasalnya, kementerian yang dipimpin Bahlil Lahadalia ini fokus mendorong pembangunan dan pertumbuhan perekonomian nasional.

(ara/ara)

Source link

Kolaborasi Bulog-Perpadi Dorong Petani Muda Perkuat Stok Pangan


Jakarta

Dalam rangka kerja sama untuk menciptakan integrasi yang sinergis di bidang beras dan pangan lainnya. Perum BULOG dan Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) membuat Nota Kesepahaman dalam rangka kerja sama di bidang beras dan pangan lainnya.

Yang melaksanakan kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman ini adalah Direktur Utama Perum BULOG Bayu Krisnamurthi dan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Beras dan Penggilingan Beras Indonesia, Sutarto Alimoeso.

Kegiatan penandatanganan MOU tersebut juga dihadiri oleh Wakil Menteri Pertanian Sudaryono dan Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo Adi.

Bentuk kerjasama dalam Nota Kesepahaman ini bertujuan sebagai landasan pelaksanaan kerjasama di bidang beras dan pangan lainnya mulai dari kegiatan hulu (melalui kemitraan on farm), pengolahan, pergudangan, pendistribusian/penjualan beras dan pangan lainnya. , dan memperkuat komunikasi masyarakat mengenai beras dan pangan.

Baca juga: Pemerintah Anggarkan Rp 28,7 T untuk Cadangan Pangan, Stok Beras Terjaga

Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo Adi mengatakan Bulog dan Perpadi sudah menjalin kerja sama sejak lama, namun perlu persetujuan hukum karena sejalan dengan transformasi Bulog.

Nota Kesepahaman tersebut bukanlah suatu hal yang sederhana dan di balik kegiatan ini pasti ada yang namanya eksekusi penggerak, salah satunya Bapanas telah memerintahkan penyerapan gabah sebanyak 600.000 ton yang memerlukan dukungan Perpadi, kata Arif dalam sebuah pernyataan. keterangan tertulis, Rabu (31/7/2024).

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian Sudaryono juga menyampaikan bahwa MoU ini merupakan bentuk, sinyal, simbol dan komitmen bahwa pangan itu penting. Kepentingan pertanian fokus pada memastikan produksi yang cukup.

“Kita akui dengan adanya ancaman El Nino beberapa bulan ke depan, diperkirakan kalau kita biarkan saja pasti akan kekurangan, lalu bagaimana kita mengimbanginya agar kekurangannya tidak terlalu besar. bagus dan mudah-mudahan cukup. Pertanian hulu sampai hilir harus kompak, maksudnya bagaimana pemberian pupuk, bibit dan lain-lain,” tambah Sudaryono.

“Seperti rencana tanam, bibit harus disiapkan setahun ke depan, agar tidak ada kekurangan bibit untuk ditanam tahun depan. Kalau skemanya berjalan baik, maka akan banyak panen dan banyak serapan dari Bulog dan swasta. juga dan kita berharap hilirnya juga melakukan hal yang sama,” lanjutnya.

Baca juga: Isu Markup Impor Beras, Tan Long Group Bantah Menangkan Tender dari Bulog

Poin dan Ruang Lingkup Nota Kesepahaman

Poin-poin penting ruang lingkup kerja sama yang dibahas dalam MoU ini adalah melaksanakan kemitraan budidaya pertanian dengan Program Mitra Tani Perum Bulog, melaksanakan program kampanye bersama untuk mendorong peran petani muda.

Dibahas juga kerjasama penguatan Cadangan Beras Pemerintah, kerjasama pengadaan gabah dan beras bagi petani, pendistribusian dan penjualan beras petani, pemanfaatan infrastruktur pengolahan masing-masing pihak, kerjasama penjualan beras dan pangan lainnya serta kerjasama penguatan komunikasi masyarakat terkait pangan. dan nasi.

(anl/ega)

Source link

Sah! RI Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Perdagangan dengan 6 Negara Arab


Jakarta

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas bersama Sekretaris Jenderal Gulf Cooperation Council (GCC) Jasem Mohamed AI Budaiwi resmi meluncurkan perundingan Perjanjian Perdagangan Bebas Indonesia-Gulf Cooperation Council (I-GCC FTA).

Peluncuran perundingan tersebut ditandai dengan prosesi penandatanganan Pernyataan Bersama Peluncuran Perundingan Perjanjian Perdagangan Bebas antara Republik Indonesia dan Dewan Kerja Sama Teluk di Kantor Kementerian Perdagangan pada Rabu (31/7/2024). ).

“Saya sangat senang hari ini, walaupun kita belum berhasil (menyelesaikan perjanjian) tapi sudah memulai (negosiasi). Saya sekali lagi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kedatangan Starting Sekjen GCC,” kata Zulhas dalam pidatonya.

“Dari lubuk hati yang terdalam, saya dengan tulus mengajak kita bersama, yang hadir para Duta Besar (Negara-negara GCC) dan Yang Mulia (Sekretaris Jenderal GCC), untuk segera menyelesaikan sesuatu yang dapat memperluas perdagangan kita dalam perjanjian ini,” jelasnya lagi.

Zulhas mengatakan selama ini Indonesia dan negara-negara Arab yang tergabung dalam GCC memiliki sejarah hubungan yang panjang, namun minim hubungan kerjasama. Oleh karena itu, kesepakatan ini dinilai menjadi langkah baru kedua pihak untuk semakin mendekatkan diri.

“Kita punya sejarah hubungan yang panjang, tapi hubungan dagangnya sedikit. Selama dua tahun saya Mendag, saya sudah ke Arab Saudi 5-6 kali, ke UEA 5 kali, ke Qatar 2 kali, Oman, dan Bahrain tidak. namun, Kuwait belum melakukannya. Tapi saya ingin kita memperkuat dan memperluas hubungan dagang kita,” katanya.

Ia mengatakan kerjasama ini bisa memberikan dampak baik bagi kedua belah pihak, karena baik Indonesia maupun GCC memiliki perekonomian yang sangat besar.

“Kita sudah memikirkan hal ini bertahun-tahun, tapi baru hari ini kita bisa meluncurkan (perjanjian perundingan dagang). Saudara-saudara, kita punya perekonomian yang besar, ASEAN berpenduduk 600 juta jiwa. GCC cukup besar, Yang Mulia dan Dubes kita mempunyai ukuran ekonomi yang besar dan kuat, saya mengajak kita untuk bekerja sama meningkatkan perdagangan kedua negara ini,” ujarnya.

Baca juga: Ekspor RI ke Arab Saudi dan Qatar akan mudah dengan adanya perjanjian ini

“Jika kita tidak bisa membuat (perjanjian dagang yang luas) kita bisa membuatnya perjanjian di masa depan yang terbatas. Tapi kami sudah memulai sesuatu yang baik (perjanjian negosiasi). “Yang Mulia, saya ucapkan terima kasih banyak atas kunjungannya,” tutupnya.

Senada dengan hal tersebut, Jasem Mohamed AI Budaiwi mengatakan perjanjian FTA I-GCC yang baru ditandatangani dapat memberikan dampak ekonomi yang positif bagi kedua belah pihak.

“Ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi Indonesia dan negara-negara Teluk (GCC), dimana kita telah menandatangani perjanjian perdagangan kedua negara. Yang saya hormati Menteri, perjanjian ini dapat membawa kebaikan bagi kedua negara, khususnya di bidang perekonomian,” ujarnya. .

“(Melalui perjanjian perundingan ini) kami dari GCC dan Indonesia akan membahas hal-hal penting bersama-sama. Ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan antara lain perdagangan barang, perdagangan jasa, kepabeanan, ekonomi syariah. Kami ingin garis bawahi bahwa perjanjian dagang ini fokus pada ekonomi Islam,” jelas Sekjen GCC lagi.

Sebagai informasi, GCC merupakan aliansi kerja sama ekonomi dan politik yang beranggotakan enam negara, yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Oman, dan Qatar.

Sedangkan pada periode Januari-Mei 2024, total perdagangan Indonesia dengan GCC mencapai US$ 6,2 miliar. Dari jumlah tersebut, ekspor Indonesia ke GCC tercatat sebesar US$ 2,7 miliar, sedangkan impor Indonesia dari GCC mencapai US$ 3,5 miliar.

Sedangkan pada tahun 2023, total perdagangan antara Indonesia dan GCC mencapai US$ 15,7 miliar. Dari jumlah tersebut, nilai ekspor Indonesia tercatat sebesar US$ 6,1 miliar, dimana komoditas ekspor utama Indonesia antara lain mobil dan kendaraan bermotor, kelapa sawit, perhiasan, kapal ringan, kertas, dan karton uncoated.

Sementara impor Indonesia tercatat sebesar US$ 9,6 miliar dengan komoditas impor utama nonmigas antara lain produk setengah jadi dari besi atau baja non-paduan, alkohol asiklik, sulfur, polimer dari etilen, dan aluminium mentah.

(fdl/fdl)

Source link

Pameran Produk Kulit dan Alas Kaki dibuka hari ini oleh Menteri Perdagangan Zulkfili Hasan


Jakarta

Industri Kulit, Barang dari Kulit, dan Alas Kaki serta Industri Tekstil dan Pakaian Jadi, disebutkan akan tumbuh positif pada triwulan I tahun 2024. Pertumbuhan positif pada Industri Tekstil, Pakaian Jadi, dan Alas Kaki disebabkan oleh kuatnya permintaan luar negeri dan dalam negeri.

Selain pesanan ekspor, stabilnya konsumsi rumah tangga dalam negeri juga turut mendorong pertumbuhan industri tekstil dan pakaian jadi, serta industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki, seiring dengan penyelenggaraan pemilu tahun 2024, hari libur nasional, cuti bersama, dan hari raya Idul Fitri yang lalu. hari libur.

Pameran Internasional Bidang Sepatu, Kulit dan Fashion Indo Leather & Footwear Expo 2024, Pameran Internasional ke-17 yang diselenggarakan oleh Krista Pameran Produk Kulit dan Alas Kaki, Mesin, Teknologi Manufaktur, Bahan dan Jasa resmi dibuka hari ini oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan. Acara berlangsung hingga 2 Agustus 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Pameran ‘ALLPack 2023’ Targetkan 35 Ribu Pengunjung Lokal-Internasional

Pameran Fashion Indo Leather & Footwear Expo 2024 akan diselenggarakan bersamaan dengan Pameran Indohealthcare Expo dan Indobeauty Expo 2024. CEO Krista Exhibitions Daud D Salim mengatakan pameran ILF 2023 kali ini melibatkan 350 peserta termasuk 70 UMKM dari 9 negara antara lain India, Italia, China, Korea, Taiwan, Jepang, Singapura, Indonesia, dan Perancis.

“Pameran ILF 2024 ini untuk mendukung pertumbuhan perekonomian industri manufaktur kulit dan alas kaki yang mengalami peningkatan positif dan diharapkan dengan adanya kegiatan pameran ILF 2024 ini dapat meningkatkan efisiensi industri manufaktur kulit dan alas kaki dalam membantu para pelaku usaha dalam mengoptimalkan produksi. mengolahnya, menghasilkan produk “kulit berkualitas, dan memperkenalkan inovasi atau tren fesyen kulit masa kini,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (31/7/2024).

Krista Exhibitions menargetkan 10.000 pengunjung dari berbagai negara. Pameran ini diikuti oleh berbagai pelaku usaha dari supplier dari industri seperti alas kaki (sepatu fashion, sandal, flat shoes, boots pria dan wanita, dan lain-lain), kulit (kulit untuk sepatu, fashion, furniture, kulit eksotik, dan kulit
untuk aksesoris), garmen dan tekstil, teknologi manufaktur dan jasa produksi, berbagai mesin pengolah bahan baku dan juga sepatu kets.

Pameran ILF 2024 tidak hanya menampilkan fashion show dan workshop, ada pula kegiatan menarik lainnya yang tak kalah seru seperti talkshow yang dibawakan oleh Poppy Dharsono dengan tema ‘Perkembangan Tren, Desain dan Warna Produk Industri Kulit Indonesia’, Talk Show Istituto Di Moda Burgo bertemakan ‘Jenny Kansil Book Launching’, fashion show dari koleksi Poppy Darsono bertemakan ‘Koleksi Eksklusif Poppy Dharsono Casual Looks STTT Bandung La Salle’.

Baca juga: Resmi Dibuka, Pameran ILE 2023 Menjadi Ajang Pertemuan Peserta Pameran dan Calon Investor

Kemudian peragaan busana dari Young Designer From Istituto Di Moda Burgo yang bertemakan ‘Anniversary Istituto Di Moda Burgo’, kontes fesyen Peranakan dari Persatuan Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) yang bertemakan ‘Menunjukkan fesyen Peranakan dengan memadukan dua budaya, yaitu Batik dan Cheongsam’, Pelatihan dari APRISINDO dengan tema ‘Pelatihan Fasilitas Perdagangan Internasional untuk Ekspor Alas Kaki Indonesia’, acara launching oleh BPIPI dengan tema ‘Launching Outsole Kolaborasi BPIPI dan IKM Semakin Berdaya’, silaturahmi anggota APRISINDO dengan tema ‘Memperkuat Daya Saing Alas Kaki Indonesia’.

Kesuksesan Indo Leather & Footwear Expo 2024 tidak lepas dari dukungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Koperasi. dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Garut, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Asosiasi Sepatu Indonesia (APRISINDO), Asosiasi Penyamakan Kulit (APKI), Pameran Indonesia Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (ASPERAPI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO).

Pameran ini terbuka untuk pelaku bisnis dan umum mulai pukul 10.00 hingga 19.00. Pengunjung dapat mendaftar secara online pada tautan https://register.kristaonline.com/visitor/indoleatherfootwear atau mendaftar langsung di lokasi pameran dan temukan kebutuhan bisnis Anda di pameran kulit dan alas kaki terbesar dan terlengkap di Indonesia!

Pro AVL 2023 Kembali Setelah Pasca-Pandemi




Pro AVL 2023 Kembali Setelah Pasca-Pandemi


(prf/ega)

Source link

Makanan Bergizi Gratis Prabowo Belum Putuskan Mau Pakai Susu atau Tidak


Jakarta

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, ada kemungkinan program Pangan Gratis Bergizi yang akan dilaksanakan Presiden terpilih Prabowo Subianto tidak serta merta menyertakan susu dalam satu paket makan siangnya.

Menurut dia, penambahan susu pada paket makan siang gratis tersebut belum diputuskan. Bahkan, janji kampanye Prabowo saat Pemilu 2024 kemarin menyertakan segelas susu dalam paket makan siang gratis yang akan ditawarkan.

Belum, belum diputuskan, kata Airlangga saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2024).

Airlangga juga mengatakan, pemerintah belum memutuskan berapa besaran biaya makan siang gratis tersebut per porsinya. Meski saat ini ada dua harga yang dibicarakan yakni antara Rp 7.500 hingga Rp 15.000. “Belum (keputusan),” singkatnya.

Sebelumnya diumumkan pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp71 triliun untuk program makan gratis bergizi pada tahun 2025. Program prioritas Prabowo-Gibran akan dilaksanakan secara bertahap.

Baca juga: Sesuai Target Prabowo, S&P Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5% hingga 2028

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan rencana arah kebijakan belanja pemerintah pusat pada tahun 2025 yang merupakan tahun pertama pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Dalam hal ini, program makan gratis bergizi akan dimasukkan dalam pos anggaran kesehatan.

Demikian diungkapkan Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan, Rofyanto Kurniawan dalam konsultasi publik RUU APBN 2025 secara virtual, Selasa (30/7). /2024).

“Sektor kesehatan kita akan mempercepat penurunan stunting, menjaga kesehatan masyarakat, termasuk memberikan makanan bergizi kepada masyarakat,” kata Rofyanto.

(hal/rd)

Source link

Jokowi Ungkap Daya Saing RI Melonjak ke Posisi 27 Berkat Infrastruktur


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan World Competitiveness Ranking (WCR) atau daya saing Indonesia tahun 2024 melonjak dari sebelumnya di peringkat 34, kini naik ke peringkat 27 dunia. Jokowi mengatakan peningkatan daya saing Indonesia berkat pembangunan infrastruktur dan konektivitas.

“Kita tahu dari pembangunan infrastruktur ini, Peringkat Daya Saing Dunia kita naik dari peringkat 34 menjadi 27. Daya saing itu yang kita capai dari pembangunan, selain tentunya pemanfaatan infrastruktur untuk rakyat, karena kita saat ini bersaing, bersaing dengan negara lain. ,” kata Jokowi dalam Refleksi & Catatan 10 Tahun Pemerintahan Jokowi Bidang Pembangunan Infrastruktur dan Investasi di Bank Mega Tower, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024).

Menurut orang nomor satu di Indonesia ini, infrastruktur dan konektivitas sangat penting, tidak hanya bagi masyarakat tetapi juga untuk menarik investor. “Kalau konektivitasnya tidak bagus, kalau infrastrukturnya tidak bagus, siapa investor yang mau datang ke Indonesia? Tidak akan ada,” ujarnya.

Baca juga: Basuki: Sudah Dibangun 30 Waduk di IKN

Jokowi mengatakan konektivitas dan infrastruktur juga penting untuk menekan biaya logistik. Mengurangi biaya logistik juga mempengaruhi harga barang.

“Karena infrastruktur itu kunci investasi, tapi juga akan menurunkan biaya logistik yang dulunya 24% dari biaya logistik kita. Sekarang turun menjadi 14% sehingga harga bisa dijaga lebih murah dan itu terlihat dari angka inflasi. Dulu, tingkat inflasi 8% 9″% bahkan 11%. Sekarang telah didorong di bawah 3%. Bulan lalu angkanya 2,58%,” tutupnya.

(ada)

Source link

Mendapat topi baja, Jokowi dinobatkan sebagai Bapak Konstruksi Indonesia


Jakarta

Gabungan Pengusaha Konstruksi Indonesia (Gapensi) menobatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Bapak Konstruksi Indonesia. Hal ini berdasarkan kontribusi pembangunan selama 1 dekade.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Gapensi Andi Rukman Nurdin dalam sambutannya pada acara Refleksi & Catatan 10 Tahun Pemerintahan Jokowi Bidang Konstruksi, Infrastruktur dan Investasi di Menara Bank Mega.

“Hari ini mari kita berikan penghargaan kepada Presiden (Jokowi) sebagai Bapak Konstruksi Indonesia,” kata Andi, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Baca juga: Luhut Bakal Terbang ke IKN Pekan Depan, Mulai dari Kantor?

Menurutnya, kepemimpinan Jokowi dalam menggenjot pembangunan infrastruktur ibarat baja keras. Hal ini tergambar jelas melalui berbagai proyek strategis, mulai dari Kereta Cepat Whoosh dengan 65.235 rusun, hingga tersambungnya jalan tol sepanjang 2.839 km.

“Kami siapkan Pak, topi baja dengan ornamen konstruksi. Kami ibaratkan dia orang yang berhati keras,” kata Andi.

“Apapun tantangannya bisa tercapai, kalau lambat sekarang tidak akan tercapai. Kita tidak akan pernah membangun jalan tol, kita tidak akan pernah membangun bendungan, kantor perbatasan kita tidak akan bagus,” lanjutnya.

Selain itu, Andi juga menyampaikan harapannya agar tanggal 8 Januari dapat dijadikan sebagai Hari Konstruksi Indonesia. Harapannya, hal ini juga dapat mendorong berkembangnya industri jasa konstruksi di Indonesia.

“Bapak Presiden, kita berharap tanggal 8 Januari dapat dijadikan sebagai hari konstruksi Indonesia. Juga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus menjadi pelaku konstruksi Indonesia,” tutupnya.

(shc/rd)

Source link